Sebuah link berbahaya diketahui telah menyebar ke pengguna Facebook. Diduga link ini digunakan untuk membajak account pengguna Facebook dari Indonesia.

Adanya link yang sangat mencurigakan tersebut dilaporkan oleh pembaca detikINET, Senin (16/8/2010). Dikabarkan bahwa sejumlah orang sudah menjadi korban aksi tersebut.

Dari informasi yang disampaikan, tampaknya modus yang digunakan adalah phishing dengan memalsukan halaman login ke Facebook. Di bagian atas nampak form login persis seperti Facebook, tempat pengguna bisa memasukkan alamat email dan password Facebook-nya. Bedanya, setelah form itu diisi, situs akan menampakkan pesan error. Sedangkan di balik layar, alamat email dan password yang dimasukkan akan tersimpan dan bisa disalahgunakan.

Account yang sudah terbajak kemudian akan digunakan pelaku untuk mengirimkan pesan lewat Facebook Chat, ke teman-teman korban. Dalam pesan itu disampaikan lagi link ke halaman jebakan dengan berbagai iming-iming, misalnya koleksi foto.

Link yang digunakan untuk menipu pengguna Facebook itu adalah http://lisensihubud.com/f/fb. Pengguna harus mewaspadai setiap bentuk halaman login menyerupai Facebook yang tidak menggunakan domain Facebook.com.

Sumber : detikinet.com