Domesday_book

Puluhan tokoh politik dan Islam menghadiri peluncuran buku berjudul Ekpansi Gerakan Islam Transnasional Indonesia. Diantaranya adalah Gus Dur, Wiranto, Akbar Tanjung, dan Try Sutrisno. Acara bedah buku tersebut digelar oleh Wahid Institute di Hotel Gran Melia, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/5/2009).

Masing-masing tokoh tersebut memberikan pandangannya mengenai pemahaman keislaman yang toleran. Sesuai dengan asas-asas yang dibangun oleh pendiri bangsa ini. Hal ini untuk merespon semakin maraknya model-model pemahaman keislaman yang ekstrim. Baik dalam bentuk ormas maupun partai politik yang ada.

Model-model keislaman seperti itu dinilai akan mengancam keberagaman dan pluralitas yang menjadi ciri khas Indonesia. Selain itu, jika tidak dibangun dialog akan membahayakan integritas dan keutuhan NKRI.

Pemberi komentar tentang hal itu adalah Gus Dur, Said Agil Sirod, Mustafa Bisri, Syafii Maarif dalam bentuk video. Menurut ketua panitia Ahmad Suaidi, buku ini telah diterjemahkan dalam 3 bahasa yaitu Inggris, Arab dan Turki. “Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada dunia tentang pemikiran tokoh muslim di Indonesia yang moderat,” kata Ahmad.

Muhammad Nur Hayid – detikNews